Senin, 07 November 2016

Indahnya keanekaragaman hewan di Irian Maluku dan Nusa Tenggara

Indahnya keanekaragaman hewan di Irian, Maluku, dan Nusa Tenggara


Cara Hemat Pererat Pertemanan dengan JalanJalan Siapa sih yang tidak sukai lihat keanekaragaman hewan yang ada di Indonesia? Typejenis hewan yang ada di Indonesia diprediksikan sejumlah sekitaran 220 ribu type yang terdiri atas kurang lebih 200 ribu serangga (17% fauna serangga didunia), 4 ribu type ikan, 2 ribu type burung, dan seribu type reptilia serta amphibia. Sangat banyak, kan?

Indonesia terdiri jadi dua zoogeografi yang dibatasi oleh garis Wallace. Garis Wallace membelah Selat Makassar menuju ke selatan sampai ke Selat Lombok. Jadi, garis Wallace memisahkan lokasi Oriental (termasuk juga Sumatra, Jawa, Bali, serta Kalimantan) dengan lokasi Australia (Sulawesi, Irian, Maluku, Nusa Tenggara Barat, serta Nusa Tenggara Timur). Fauna di daerah Sulawesi miliki ciriciri peralihan diantara keduanya. Kesempatan ini, yuk kita ulas mengenai type serta ciriciri hewan yang ada di daerah Irian, Maluku, serta Nusa Tenggara yang relatif sama juga dengan Australia.


Ciriciri yang dipunyainya yaitu :


Mamalia memiliki ukuran kecil. Di Irian serta Papua ada lebih kurang 110 spesies mamalia, umpamanya, kuskus (Spilocus maculates) serta Oposum. Di Irian juga ada 27 hewan pengerat (rodensial), serta 17 salah satunya adalah spesies endemik.


Banyak hewan berkantung. Di Irian serta Papua banyak diketemukan hewan berkantung, seperti kangguru (Dendrolagus ursinus).


Tidak ada spesies kera. Spesies kera tidak diketemukan di daerah Australia, namun di Sulawesi diketemukan banyak hewan endemik, umpamanya, primata primitif Tarsius spectrum, musang (Macrogalida musschenbroecki), babirusa, anoa, maleo, serta sebagian type kupukupu.


Type burung berwarna indah serta bermacam. Papua miliki koleksi burung paling banyak dibanding pulaupulau lain di Indonesia, kirakira 320 type, serta 1/2 salah satunya adalah spesies endemik, umpamanya, burung cenderawasih.



Hewan apa yang paling anda gemari dari lokasi Irian, Maluku serta Nusa Tenggara?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar